03 Oktober, 2009

Internet Explorer Mulai Kehilangan Pasar


Browser Internet Explorer (IE) tak henti kehilangan pangsa pasar. Data terbaru dari Net Applications mengungkap, pada bulan September 2009, IE anjlok cukup drastis sedangkan Firefox dan Chrome kian menunjukkan tren peningkatan.

Pangsa pasar IE bulan September turun 1,3 persen jadi 65,7 persen. Meski masih dominan memimpin, itu adalah persentase pangsa pasar terkecil ketimbang sebelumnya dan jumlah penurunan yang terjadi termasuk yang paling tinggi.

Dalam 12 bulan terakhir, pangsa pasar IE telah turun 8,5 persen. Kecuali Microsoft dapat mengerem laju penurunan ini, diprediksi pangsa pasar IE akan berada di bawah 50 persen dalam 2 tahun mendatang.

Kabar buruk bagi IE itu berarti kabar baik untuk Firefox dan Chrome. Persentase pemakai Firefox meningkat 0,8 persen di bulan tersebut, jumlah lonjakan terbesar sejak November 2008. Firefox kini menguasai 23,8 persen pasaran browser.

Chrome juga cukup bersinar. Meski masih relatif baru, software besutan Google ini telah meraup 3,2 persen pangsa pasar dengan jumlah peningkatan 0,3 persen di September 2009 saja.

Sementara browser besutan Apple, Safari, cukup lambat pertumbuhannya. Dalam tiga bulan terakhir, Safari hanya tumbuh 0,45 dengan pangsa pasar 4,2 persen.

Sedangkan satu browser populer lainnya, Opera, mencatat hasil cukup positif. Di bulan September, Opera meraih 0,15 persen dengan pangsa pasar menjadi 2,2 persen.

0 komentar:

My Headlines

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Adbrite

Your Ad Here
Join 4Shared Now! LinkShare  Referral  Prg Mozilla Store
Firefox 3